December 28 2021 0Comment
naoh natrium hidroksida

NaOH Narium Hidroksida

NaOH Narium Hidroksida Memiliki Manfaat dalam Kehidupan Manusia

NaOH merupakan salah satu bahan kimia. Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu dengan sebutan menggunakan istilah tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui, bahan kimia yang satu ini memiliki banyak manfaat dalam dunia industri.

Istilah kimia ini juga disebut dengan soda kaustik, sodium hidroksida dan soda api. Mungkin kebanyakan orang tidak menggunakan istilah tersebut, melainkan soda api. Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari bahan yang satu ini juga memiliki banyak manfaat. Hal ini tentu saja, membuat kehadiran dari bahan ini tidak bisa kita pungkiri.

Bagi siswa yang belajar mengambil jurusan IPA mungkin sudah tidak asing lagi. Karena, dalam kehidupan sehari-hari saja yang kita juga menggunakan, akan tetapi masih banyak orang yang bingung, tidak ada salahnya apabila kita membahas tuntas tentang, soda api tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan NaOH?

Perlu Anda ketahui, sebenarnya NaOH itu merupakan rumus kimia. Rumus tersebut melambangkan Natrium Hidroksida, Soda api,ataupun yang biasa kita sebut dengan soda kaustik. Pada dasarnya, Natrium Hidroksida ini merupakan sejenis basa logam kaustik.

Senyawa ini terbentuk dari basa Natrium Oksida yang dilarutkan dalam air. Nantinya juga larutan tersebut akan membentuk larutan Alkali kuat. Saat Anda memasukkannya kedalam air tersebut. Ya, seperti penjelasan pada bagian sebelumnya, bahwa NaOH ini biasanya digunakan pada industri. Meskipun paling umum berada di laboratorium kimia.

Bentuknya juga putih padat. Namun ada juga yang berbentuk serpihan, pelet, larutan jenuh 50% atau Serosen dan butiran. Sedangkan untuk sifatnya sendiri adalah, lembab cair serta secara spontan akan menyerap karbon dioksida yang sumbernya dari udara bebas. NaOH ini juga sangat berkawan dengan air. Alasannya adalah ia mudah larut dalam air dan mampu melepaskan panas saat pelarutan tersebut. Proses pelarutan tersebut juga terjadi reaksi eksotermis.

Bukan hanya menjadi kawanerat bagi airsaja, akan tetapi juga etanol dan metanol. Meskipun larutan dari NaOH ini juga lebih kecil daripada larutan KOH. Saat Anda melakukan pada etanol dan metanol, nantinya senyawa ini akan meninggalkan noda kuning. Entah pada kain atau kertas.

Sifat Fisik

Perlu Anda ketahui untuk natrium hidroksida murni memiliki padatan kristal yang tidak berwarna. NaOH ini juga memiliki suhu leleh yakni 318 derajat (604 derajat fahrenheit) tanpa adanya penguraian. Ia juga memiliki titik didih yakni 1338 derajat celcius. Seperti penjelasan bagian sebelumnya yang mengatakan bahwa, bahan kimia ini memang sangat larut dengan air. Namun kelarutannya tersebut sangat rendah daripada pelarut polar. Bisa juga kita katakan, bahwa NaOH ini juga mirip dengan hidrasi asam sulfat.

Ciri-Ciri Natrium Hidroksida

Untuk mempermudah kita dalam membedakan, mana NaoH dengan yang bukan, simak berikut ini ciri-cirinya. Bereaksi dengan asam dan air, selain itu juga memiliki sifat hidroskopis, korosif dan basa. Senyawa ini juga bisa larut dalam etanol dan metanol.

Manfaat Soda Api

Karena memiliki banyak manfaat, kebanyakan orang menggunakan NaOh ini untuk bahan peledak, pembuatan detergen dan sabun. Selain itu, soda api ini juga menjadi bahan untuk pembuatan pemutih dengan senyawa klorin. Dalam industri pembuatan kertas, caustic ini juga berfungsi sebagai penghilang dari zat lignin yang terdapat pada kayu merupakan bahan baku pembuatannya.

Sedangkan untuk bidang industri lainnya, senyawa ini untuk membuat aluminium, seng juga timah. Namun, paling unik lagi, NaOh ini juga untuk menghancurkan kutil dan timah, juga sebagai obat pereda nyeri.

Produk Lainnya

Silahkan klik link berikut untuk info lebih lanjut mengenai PT Hikam Abadi Indonesia – Info

 

admin

Write a Reply or Comment